Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Teda Littik: Saya Siap Maju Lewat Jalur Independent

Jumat, 30 Desember 2011 | 11.08


Kota Online [KUPANG] - Teda begitu yakin komunitas perempuan Kota Kupang pada saatnya akan bersatu memilih dia. Dokter Teda mengakui akan menyentak nurani perempuan kota Kupang yang sudah punya hak memilih untuk bersatu mengusung kaumnya sebagai wali di Kota Kupang. Sudah saatnya perempuan sebagai pembuat program dan penentu kebijakan. Teda ingin tampil sebagai komandan. Bagi dia diperlukan pemimpin yang konsisten, dan rela berkorban demi rakyat Kota Kupang. Bukan sebaliknya menjadi Walikota untuk mengumpulkan kekayaan lalu mengabaikan tugas utama memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Saya kira semua warga kota kupang punya hak yang sama untuk memilih dan dipilih. Bagi saya kali ini perempuan harus pimpin Kota Kupang.”  

Rakyat Kota Kupang bagi Teda, kini kehilangan arah hidup karena pemimpinnya lebih mengutamakan kepentingan pendukung dan pribadi. “Jangan jadi pemimpin yang   baru satu tahun, sudah  jadi konglomerat. Semua janji waktu kampanye betul-betul sifatnya membual,” katanya.

Srikandi Kota Kupang ini menyatakan sudah siap maju lewat jalur Independen. Soal wakil Teda mengakui sedang mempertimbangkan berbagai aspek, termasuk aspek politiknya. “Saya harus kawin silang ”  pungkasnya.

CATATAN SUKSES TEDA
Lahir di Atambua, 18 November  1965. Tahun 2010 sampai sekarang sebagai konsultan kesehatan untuk ibu dan anak. Bekerja untuk bebagai lembaga (instansi) pemerintah dan non pemerintah lokal  dan internasional. Juli 2006- Oktober 2009 GTZ SISKES  Indonesia. Kerjasama Pemerintah Jerman - Indonesia. Program penguatan system kesehatan di provinsi NTT dan NTB, sebagai penasihat senior. November 2004- Mei 2006, Health Alliance Internasional Timor Leste (sebuah LSM yang didanai oleh USAID. Program penguatan kesehatan ibu dan anak di Timor Leste, sebagai koordinator promosi kesehatan bekerja sama dengan  Ministerio de Saude. Oktober 2003-Oktober 2004 Depatemen kesehatan Timor Leste. Dokter Unit Gawat Darurat  (UGD) RSU  Nasional Guido Valadares, Dili. Agustus 2002 - Agustus 2003. Departeman kesehatan di Timor Leste. Sebagai manajer kesehatan di distrik Manatuto. Juni 2001 Juni 2002 TIMOR AID. Agustus 2000 - Agustus 2001, sebagai International Committee  Red cross (ICRC-palang merah internasional). Sebagai  dokter di ruang unit gawat darurat  (UGD) RSU Nasional Guido Valadaeres, Dili. Oktober 1999 – Juni 2000 International Organization for migrations (IOM) di Kupang. April 1999- September 1999 bekerja di RSU Prof. Dr  WZ Yohannes Kupang, sebagai relawan di UGD. Oktober 1996 Maret 1999  bekerja sebagai dokter di berbagai rumah sakit dan klinik di Jabotabek. Oktober 1993 – Maret 1996 Departemen Kesehatan RI. Puskesmas Carangki, Kabupaten Maros  Sulsel. Sebagai dokter Puskemas.
Pendidikan
SD Naikoten II Kupang tamat Tahun11978, SMPN IV Kupang, tamat, 1981, SMPPN 34 Kupang, tamat 1984, Fakultas Kedokter Universitas Hasanuddin, selesai 1992.
Pendidikan dan Latihan

Telah mengikuti berbagai pelatihan/kursus/seminar dan lokakarya dalam maupun luar negeri. Memperkaya pengetahuan dan kemampuan khusus seperti kepemimpinan modern, menjadi pelatih dan fasilitator, mengelola sektor kesehatan di era desentralisasi dan berbagai isu global maupun Nasional yang berhubungan dengan tata kelola program kesehatan khususnya  perempuan dan anak.

PENGALAMAN KERJA DAN ORGANISASI YANG LAIN
Maret 2002-Mei 2006, manejer dan pemilik binis Restoran toko dan proyek pengadaan di Timor Leste. Januari–Maret 2005, Sebagai relawan di RSU Zainal Abidin di Banda Aceh pasca bencana tsunami.

Koordinator pelayanan gawat darurat/Emergency Care Service, bekerja sama dengan tim medis Indonesia dan tim organisasi dari berbagai Negara baik sipil maupun militer di Banda Aceh. 2004-2006, relawan Church World Service (CWS) atau pelayanan gereja-gereja sedunia di Timor Leste.

Bekerja sama dengan gereja-gereja katolik dan protestan untuk program kesehatan, khususnya program promosi dan pencegahan HIV/AIDS di Timor Leste. Tahun 2008 sampai sekarang Ketua LSM Lelakapa-Kupang. (Program kesehatan dan pendikan bagi perempuan dan anak). Mengelola pendidikan anak usia dini (PAUD), memberikan makanan bergizi kepada anak PAUD, memberikan pendidikan kesehatan ibu dan anak kepada orang tua PAUD. Bekerjasama dengan berbagai lembaga maupun perorangan di luar negeri dan dalam rangka memberikan pelayanan pendidikan kesehatan dan bantuan kemanusiaan. Tahun 2009 sampai sekarang sekretaris alumni SMPP 34 (PAS 34) Kupang. Februari 2010 sampai sekarang, ketua tim advokat eliminasi  dan pencegahan pekerja anak Provinsi NTT. Maret 2010 sampai sekarang, staf pengajar sekolah tinggi ilmu kesehatan  (STIKES) CHM, Kupang. Maret 2010 sampai sekarang, sekretaris bersama (Sekber) percepatan pembangun Kabupaten Kupang sebagai anggota divisi koordinasi dan sinkronisasi program pemerintah – non pemerintah. Juli 2010 sampai sekarang, Wakil ketua perkumpulan keluarga MOOYUMBUK se-Kota Kupang dan sekitarnya. Agustus 2010 sampai sekarang, Ketua LSM IKA NTT – USA, Kupang. Sebuah lembaga swadaya yang digagas dan didukung oleh ikatan masyarakat NTT yang bermukim di Amerika Serikat untuk membantu masyarakat NTT.

KETRAMPILAN KHUSUS.
Bahasa Inggris sangat fasih (tulis dan lisan), bahasa Tetun fasih (tulis dan lisan).  Sangat menguasai komputer dan  segala macam alat komunikasi canggih. Terbiasa dalam dunia kerja modern dengan pengelolaan profesional. Mampu bekerja dengan baik dalam situasi konflik dan darurat sekalipun (di Timor Leste dan Aceh). Mampu secara baik berkomunikasi  dan terampil mengelola hubungan interpersonal dengan sesama. Dapat menyetir kendaraan roda empat.

By. EGI JAWA