Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Pemerintah Pusat Alokasi Rp 1 Triliun Bagi Warga Eks Timtim, Tahun 2012

Minggu, 15 Januari 2012 | 04.18


 
KOTA ONLINE (KUPANG) MENTERI Koordinator Bidang Perekonomian dan Keuangan RI (Menkoekuin) Hatta Rajasa mengatakan, pemerintah telah mengalokasikan dana bantuan bagi warga Eks Timtim sebesar Rp. 1 triliun. Dana sebesar itu dianggarakan lewat APBN 2012.

 “Pemerintah Pusat sudah alokasi dana sebesar satu triliun rupiah bagi warga Eks Timtim di seluruh Indonesia. Dana ini akan digunakan untuk membangun perumahan, juga untuk  pemberdayaan warga. Tapi akan diupayakan agar masyarakat lokal juga mendapat perhatian yang sama, sehingga tidak menimbulkan kecemburuan di kalangan warga,” kata Katua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini, dalam acara pembukaan RAKOR PAN Nasional di Hotel T-More, Kupang, Minggu (15/1/2012).

Menurut Hata Rajasa, membangun rumah bagi warga eks Timtim itu sangat penting, namun yang tidak kalah penting adalah menyiapkan lahan garapan bagi warga agar mereka bisa berupaya  hidup melalui usaha-usaha bercocok tanam dan lain-lain. “Kita tidak bisa memberikan sesuatu yang habis dikonsumsi hari ini, lalu besok miskin lagi. Untuk itu, perlu penyiapan sumberdaya manusianya agar mereka bisa mampu mengembangkan diri secara mandiri,” tegas mantan Menteri Perhubungan itu.

Pada kesempatan itu, mantan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) itu berjanji akan memonitor langsung proses penyaluran dana itu sehingga bisa secepatnya dialirkan sesuai tepat sasaran. “Sekembalinya saya dari sini (maksudnya Kupang-NTT) saya akan cek langsung dana itu, terhambatnya dimana. Karena pemerintah sudah setujui. Dananya sudah keluar. Pemerintah Pusat sangat serius membantu NTT yang dari ketertinggalanya,” tegasnya.

Hadir dalam kesempatan itu Menteri Kehutanan, Meteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan), Walikota Kupang, Daniel Adoe dan Wakil Walikota Kupang Daniel Hurek, Bupati Kupang Ayub Tutu Eki, Bupati Ngada, Anggota DPD RI Paul Liyanto, anggota DPR, DPR Provinsi dan DPR Kabuapten/Kota serta seluruh pengurus DPW dan DPD II PAN se-NTT.

Hata Rajasa mengakui bahwa keberadaan warga Eks Timtim yang memlih menjadi warga NKRI cukup memrihatinkan. Oleh karena itu pemerintah pusat perlu memberikan perhatian secara sungguh-sungguh. Besan SBY ini juga mengakui bahwa warga lokal perlu juga mendapat perhatian yang sama. “Pemerintah berusaha agar, warga lokal juga mendapat perhatian yang sama, berimbang sehingga tidak perlu muncul perselisihan antara sesama anak bangsa di daerah,” kata Hata Rajasa. (kota-online/yes)